https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ http://ejournal.umpwr.ac.id/public/journals/26/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ http://103.160.62.181/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
ANALISIS KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA FILM LAYLA MAJNUN SUTRADARA MONTY TIWA DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MODUL AJAR KELAS XI SMA | Cahyani | SURYA BAHTERA

ANALISIS KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA FILM LAYLA MAJNUN SUTRADARA MONTY TIWA DAN RELEVANSINYA SEBAGAI MODUL AJAR KELAS XI SMA

Dwika Wuri Cahyani, Umi Faizah, Nurul Setyorini

Abstract


Film bukan sekedar hiburan tetapi penggambaran kehidupan di masyarakat yang mengandung konflik secara internal atau konflik batin. Beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa konflik batin yang terdapat pada karya sastra adalah id, ego, dan superego, tetapi belum diketahui dengan kebutuhan tersebut. Hal ini yang mendasari peneliti untuk menganalisis konflik batin pada film Layla Majnun sutradara Monty Tiwa dan relevansi modul ajar di kelas XI SMA. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aspek konflik batin tokoh utama pada film Layla Majnun sutradara Monty Tiwa dan relevansi modul ajar di kelas XI SMA. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif. Objek yang digunakan oleh penulis ialah analisis konflik batin tokoh utama film Layla Majnun sutradara Monty Tiwa dengan relevansi modul ajar kelas XI SMA. Sumber data berasal dari kutipan-kutipan pada film Layla Majnun sutradara Monty Tiwa dengan teknik pengumpulan data studi pustaka dengan langkah meliputi: menonton film dan mencatat kutipan pada dialog menjadi dokumen. Instrumen penelitian adalah orang atau human instrument yaitu peneliti itu sendiri dibantu dengan kartu pencatat. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Teknik penyajian hasil analisis data menggunakan teknik penyajian hasil analisis informal berupa kata-kata. Hasil penelitian ini berupa (a) analisis konflik batin tokoh utama menggunakan pendekatan teori psikoanalisis berupa Id, Ego, dan Superego dan (b) relevansi modul ajar kelas XI di SMA. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi wawasan tambahan terkait analisis konflik batin menggunakan media film dan relevansi modul ajar pembelajaran drama sehingga dapat dipahami ketika menganalisis drama.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.